Mangrove Map Pembicara Pelatihan Nasional Mangrove Cultivation 2017

Pelatihan penggunaan drone untuk pemetaan mangrove.

Jepara – Mangrove Map. Pada tanggal 26 Agustus 2017, CEO Mangrove Map, Bagus R. D. A., menjadi pembicara Pelatihan Pemetaan Mangrove dalam rangkaian acara Mangrove Cultivation (MC) 2017 yang diselenggarakan oleh KeSEMaT FPIK UNDIP, Semarang.

“Sabtu pagi, peserta MC 2017 kami berikan pelatihan mengenai bagaimana cara menerbangkan drone, mengambil foto dan mengolah data drone menggunakan software ArcGIS hingga menjadi sebuah peta,” jelas Yuka, selaku asisten Mangrove Map.

Peserta MC 2017 yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia ini, nampak menyimak dengan cermat materi pelatihan yang diberikan.

“Ini merupakan materi yang baru buat saya, dan tentunya sangat berguna untuk menambah pengetahuan dan pemahaman dalam program rehabilitasi mangrove. Umumnya kami hanya menanam saja, tapi kurang mengerti bagaimana teknik membibitkan, juga memonitoring mangrove menggunakan teknologi drone dan peta ini,” jelas salah satu peserta MC 2017.

Bagus menjelaskan bahwa dengan menggunakan teknologi drone dan pemetaan mangrove, maka program monitoring rehabilitasi mangrove dapat dilakukan lebih cepat, mudah tapi tetap akurat. Namun demikian, ground check lapangan harus tetap dilakukan untuk akurasi data. (ES/KJGJ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *